Shoutbox

14 December 2015

Memaksimalkan Kecerdasan Gadget Ber-OS Android



Judul: Cara Tokcer Android Canggih Tanpa Rooting
Penulis: Lea Willsen
Penerbit: Penerbit Andi, Yogyakarta
Tebal: xiv + 288 halaman (bonus CD)
Ukuran: 21cm x 14cm
Cetakan: Pertama, 2015
Kategori: Sistem Operasi Gadget
ISBN: 978-979-29-5018-2

GADGET bersistem operasi (OS) Android dengan harga yang mahal hingga terjangkau, menjadi pilihan banyak pengguna gadget dewasa ini. Pada dasarnya, OS Android merupakan salah satu sistem canggih yang dapat membantu pengguna melakukan banyak hal—yang biasa dilakukan dengan komputer—dengan hanya sebuah gadget di tangan, apabila kita dapat memaksimalkan fungsi dan kemampuannya.
Memaksimalkan fungsi dan kemampuan dari gadget ber-OS Android, banyak dilakukan dengan cara melakukan ‘rooting’—istilah bagi suatu tindakan terhadap sistem gadget Android agar dapat mengakses hingga ke akar sistem yang biasanya terkunci. Akan tetapi, tindakan rooting yang dilakukan berisiko merusak sistem operasi perangkat, pun menghanguskan garansi yang ada.
Pada buku ‘Cara Tokcer Android Canggih Tanpa Rooting’, penulisnya, Lea Willsen, memberi solusi bagi pengguna gadget ber-OS Android untuk memaksimalkan kecerdasan gadgetnya dengan cara memasang sejumlah aplikasi pilihan—yang telah teruji—tanpa perlu melakukan rooting yang berisiko.
Sesuatu yang juga menjadi tren di kalangan pengguna gadget adalah pemasangan gambar bergerak sebagai wallpaper pada gadgetnya. Sayangnya, gambar bergerak sering menjadi kaku/tak dapat bergerak setelah disetel sebagai wallpaper. Pada bab pertama buku ini dijelaskan cara pemasangan yang memungkinkan gambar tetap bergerak apabila pengguna memasang gambar ber-file gif sebagai wallpaper-nya.
Bagaimana membuat layar dapat berputar dari posisi tegak/vertikal menjadi mendatar/horizontal pada banyak bagian di gadget, ternyata bukan hal yang mustahil dapat diterapkan pada sejumlah gadget yang hanya memiliki kemampuan rotasi layar otomatis yang terbatas. Hal ini pun dijelaskan secara mendetail dalam buku ini disertai aplikasi pilihan yang tepat.
Apa yang menjadi kebutuhan para ahli fotografi dan orang-orang yang hobi mengedit foto, tentunya adalah aplikasi yang memungkinkannya dapat mengedit foto di mana pun berada, dengan hanya sebuah gadget di tangan. Dalam buku ‘Cara Tokcer Android Canggih Tanpa Rooting’ bab 5, Lea Willsen memperkenalkan sebuah aplikasi canggih pengedit foto yang dapat dipasang pada gadget, yakni Adobe Photoshop Touch yang memiliki sejumlah fitur pengedit foto yang praktis dapat digunakan langsung hanya dengan sentuhan-sentuh tangan pada layar gadget.
Lebih lanjut, dalam buku ini juga dijelaskan arti dan kegunaan dari pada tool-tool yang terdapat pada aplikasi Adobe Photoshop Touch, seperti bagaimana mengedit foto: menambahkan teks, memperbaiki kualitas foto, pemberian berbagai efek, dan lain sebagainya.
Membuat video, menggabungkannya serta memberikan efek pada video, mengubah resolusi dan durasi, serta membuat slideshow, juga dapat dilakukan melalui gadget Android, tanpa campur tangan komputer! Dijelaskan dalam buku ini (halaman 155), aplikasi AndroVid Video Editor dapat dipilih untuk dipasang pada gadget Android, dan dapat mengedit video dengan kemampuan dasar layaknya aplikasi mutakhir seperti Sony Vegas, Adobe Premiere, maupu Movie Maker yang biasanya dipasang pada komputer.
Menjadikan gadget sebagai alat pemutar musik atau video, telah menjadi kebutuhan dan tren hidup masa kini. Akan tetapi, aplikasi bawaan gadget cenderung hanya dapat memutar video dengan format file tertentu. Dalam buku ini, pemilihan aplikasi apa yang dapat memutar segala jenis file—tanpa memerlukan converter, untuk mendukung fungsi gadget agar semakin sempurna, diuraikan dalam bab 8.
Selaras dengan perkembangannya, gadget kini juga berfungsi sebagai alat penyimpan data-data privasi, seperti file lampiran, obrolan-obrolan rahasia dalam aplikasi BBM, WeChat, Line, Facebook, Twitter, SMS, dan e-mail.
Menjaga kerahasiaan dari segala yang terdapat di dalam gadget kita agar tak tersentuh/terbaca oleh orang lain, dapat dilakukan dengan sejumlah fitur pendukung yang tersedia di Google Play, seperti aplikasi pengunci, sehingga gadget menjadi aman dari tangan-tangan jail. Lebih lanjut, aplikasi pengunci yang direkomendasikan, dengan segala cara pemasangannya yang diuraikan dalam buku ini juga memiliki kemampuan canggih dalam menangkap gambar/video dari ‘maling’ yang mencoba membobol password dari gadget Android kita. Luar biasa!
Cara-cara memproteksi gadget dari jarak jauh menggunakan SMS—saat gadget hilang atau dicuri; membaca QR Code; mengatasi masalah pada gabungan video yang tak bersuara; penjelasan mengenai aplikasi yang tepat untuk mengunduh berbagai konten video, serta pemanfaatan aplikasi sebagai browser dan pemasangan aplikasi apa saja yang berguna untuk menjaga sistem Android agar tetap sehat, tertulis lengkap dalam buku ‘Cara Tokcer Android Canggih Tanpa Rooting’ ini, disertai dengan video demo dalam bonus CD-nya.
Peresensi: Liven R

No comments: