Shoutbox

12 December 2015

Bercerita Melalui Fotografi



Judul: Tutorial Photoshop: Penerapan Efek pada Foto
Penulis: Lea Willsen
Penerbit: PT Elex Media Komputindo
Tebal: X + 76 halaman (berwarna)
Ukuran: 9.2 inch x 8.4 inch
Cetakan: Pertama, 2014
Kategori: Fotografi
ISBN: 978-602-02-4547-8
Harga: Rp54,800

TAK dapat dipungkiri, sejak dulu foto memiliki peran penting dalam mendokumentasikan berbagai peristiwa yang terjadi, sebagai pencerita yang diam namun sanggup bersaksi tentang perjalanan peradaban manusia dari masa ke masa; sebagai sumber ingatan akan kejadian lampau pada berbagai segmen kehidupan manusia.
Pun telah menjadi gaya hidup di zaman sekarang, manusia senang mengabadikan setiap kejadian dan momen yang terlihat maupun yang dialaminya dengan foto, kemudian membagikan melalui berbagai media komunikasi yang ada, sehingga peran foto sebagai pencerita semakin tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.
Seiring perkembangan teknologi, dunia fotografis telah mengalami perkembangan pesat dan menjadi tak hanya berfungsi memvisualkan apa yang tertangkap lensa begitu saja, namun teknik pengeditan fotografi juga telah menjadi bagian dari seni, cipta dan karsa para pencinta fotografi dalam mengupayakan keindahan untuk memberi kesan mendalam bagi para penikmat karya fotografi.
Dalam buku ‘Tutorial Photoshop: Penerapan Efek pada Foto’, Lea Willsen—seorang penulis muda yang telah berpengalaman di bidang ilustrasi selama bertahun-tahun, yang juga merupakan seorang pencinta teknik melukis ala digital painting—mencoba menjawab keinginan para pencinta karya fotografi, baik seorang fotografer maupun bukan, untuk menciptakan foto-foto yang lebih bernilai artistik melalui teknik pengeditan foto dengan program Photoshop—sebuah program pada komputer yang diciptakan khusus untuk melukis, mengedit, maupun memanipulasi karya seni gambar.
Seperti yang dijelaskan secara terperinci dalam buku ini, pada Photoshop terdapat banyak efek yang dapat dipergunakan untuk mengedit/memperindah sebuah foto. Efek-efek tersebut antara lain: sepia, sketch, vignette, blur, texture, retro, lomo, double rainbow, rain, sunrise, glamour, dan lain sebagainya.
Seiring modernisasinya zaman, kamera yang menghasilkan foto dengan objek hitam-putih/kekuningan maupun yang bernuansa klasik/style kuno telah ditinggalkan. Akan tetapi, foto hitam-putih/kekuningan dan nuansa klasik/style kuno juga menyimpan keindahan tersendiri, seperti membawa ingatan akan masa-masa di era 20-an hingga 80-an.
Dengan efek sketch’, bukan hal yang mustahil untuk mengubah sebuah foto berwarna menjadi foto hitam-putih. Begitu juga dengan ‘efek vintage’ dan ‘efek retro’, kita dapat menciptakan foto-foto bernilai seni tinggi yang seolah diambil dengan kamera kuno pada tahun 70-an.
Selain ketiga efek di atas, pada bagian lain dari buku ini juga dijelaskan tentang pemberian efek ‘rain’, ‘double rainbow’, dan ‘sunrise’, yang mana sesuai dengan namanya, efek-efek tersebut diterapkan pada foto untuk memunculkan kesan foto diambil pada momen saat hujan, munculnya pelangi, maupun pada saat matahari sedang bersinar terik, meski kondisi alam pada saat pengambilan foto sesungguhnya bukanlah demikian adanya. 
Sementara apa itu ‘efek lomo—leningsradskoye optiko mechaninicheskoye obyedinenie’ yang dapat diterapkan pada foto? Dijelaskan pada halaman 35 dari buku ini, ‘efek lomo’ sesungguhnya merupakan sebuah efek yang pada awalnya muncul disebabkan adanya kecacatan pada lensa kamera yang menyebabkan hasil jepretan foto memiliki sisi gelap pada bagian tepinya. Akan tetapi, foto dengan ‘efek lomo’ kemudian berkembang menjadi tren dalam dunia fotografi bersebab juga dianggap mengandung nilai artistik tersendiri.
Selain penjelasan mengenai arti dari efek-efek yang dapat diterapkan pada foto, buku ‘Tutorial Photoshop: Penerapan Efek pada Foto’ juga memberi penjelasan mendetail tentang bagaimana cara menerapkan efek-efek tersebut pada foto, dan disertai dengan gambar tutorial step by step untuk tiap-tiap efek yang ada—berjumlah 16 efek.
Dengan bahasa yang mudah dimengerti; setiap halaman yang berwarna layaknya sebuah majalah, serta perbandingan gambar sebelum dan sesudah pemberian efek, membaca buku ini semakin mempermudah kita mempelajari cara-cara mengedit, menambahkan efek-efek, dan menjadikan foto sesuai keinginan kita.
Peresensi: Liven R



Buku ini dapat di beli di http://www.bukupedia.com/id/book/id-86290/tutorial-photoshop-penerapan-efek-pada-foto.html





No comments: